Senin, 20 Februari 2017

Contoh Proposal Kegiatan, Poin-poin Yang Harus Ada Pada Proposal Kegiatan

Contoh Proposal Kegiatan, Poin-poin Yang Harus Ada Pada Proposal Kegiatan - Dewasa ini, kita sebagai masyarakat yang super sibuk, tentu banyak kegiatan yang dilakukan. Dan, jika kita atau Anda adalah termasuk seorang aktifis berbagai kegiatan, tentu akan memerlukan sebuah proposal kegiatan untuk menyelenggarakan kegiatan yang akan kita jalankan. Proposal kegiatan sendiri ada banyak sekali jenisnya. Contoh proposal kegiatan tergantung dengan jenis kegiatan yang akan diselenggarakan. Jika Anda adalah anak sekolah, maka sering sekali Anda akan terlibat dalam membuat proposal. Maka, Anda akan memerlukan contoh proposal kegiatan sekolah. Jika Anda adalah seorang mahasiswa, maka Anda akan sering mencari informasi terkait contoh proposal kegiatan kampus, dan masih ada banyak lagi yang lainnya.

Contoh Proposal Kegiatan
Contoh Proposal Kegiatan
Proposal ini pada umumnya yang membuat atau sering menggunakannya adalah sebuah organisasi. Maka jika Anda seorang aktifis organisasi, maka Anda perlu mengetahui beberapa contoh proposal kegiatan yang ada. Namun sebelum kami paparkan berbagai macam contoh proposal kegiatan, pada kesempatan pertama ini akan kami sampaikan terlebih dahulu beberapa poin penting yang harus ada di dalam sebuah proposal kegiatan. Jika Anda ingin membuat proposal kegiatan, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian penting dari proposal kegiatan itu sendiri. Untuk itu, perhatikan beberapa poin penting proposal kegiatan di bawah ini.

Oh ya, sebelum pembahasan pada bagian-bagian penting proposal kegiatan, terlebih dahulu Anda harus paham apa itu pengertian proposal kegiatan. Pengertian proposal kegiatan adalah suatu rancangan tertulis untuk mengajukan sebuah permohonan, penawaran, baik itu berupa ide, gagasan maupun rencana yang diajukan kepada pihak lain. Diharapkan dengan adanya proposal tersebut, keinginan dari si pengaju bisa tercapai. Dalam konteks proposal kegiatan, maka diharapkan proposal bisa membuat kegiatan bisa dijalankan.

Bagian-bagian Penting Dalam Proposal Kegiatan


1. Judul Proposal

Ketika Anda akan membuat sebuah proposal kegiatan, maka bagian pertama yang tidak boleh terlewatkan adalah judul proposal. Judul proposal tentunya harus sesuai dengan isi dan tujuan proposal yang dibuat terkait kegiatan yang akan dilaksanakan. Contoh judul proposal kegiatan misalnya, "Proposal Kegiatan Lomba Karya Tulis SMA" dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Latar Belakang

Poin selanjutnya yang tak kalah penting dengan judul proposal adalah latar belakang kegiatan yang akan diselenggarakan. Latar belakang dari proposal kegiatan isinya merupakan dasar & alasan kegiatan itu perlu dilakukan. Pada poin ini Anda harus bisa menyampaikan sebuah alasan logis pada orang atau instansi tempat mengajukan proposal. Jelaskan dengan terang benderang, tidak perlu berbelit-belit, dan sejelas-jelasnya.

3. Tujuan Proposal Kegiatan

Bagian yang ada pada proposal kegiatan selanjutnya adalah tentu saja tujuan dari kegiatan yang akan diselenggarakan itu sendiri. Tujuan dari proposal kegiatan merupakan manfaat atau hasil yang diharapkan dari diadakannya kegiatan tersebut. Maka dari itu, sama halnya dengan latar belakang pada poin nomor tiga, Anda juga harus bisa memberikan penjelasan yang mudah dimengerti tentang apa tujuan dari kegiatan yang akan diselenggarakan di dalam proposal yang diajukan.

4. Kegiatan

Kegiatan adalah suatu rangkaian acara yang akan diselenggarakan. Di dalam proposal yang Anda buat, Anda harus bisa menyajikan berbagai susunan acara dalam kegiatan yang akan Anda selenggarakan. Kegiatan dari proposal ini untuk menjelaskan kegiatan pokok yang akan dilaksanakan & dilampirkan dengan jadwal kegiatan secara lengkap.

5. Anggaran

Bagian yang terpenting pada sebuah proposal kegiatan adalah anggaran. Maka dari itu, Anda harus bisa membuat suatu hitungan terkait kegiatan yang akan Anda kerjakan sesuai dengan kebutuhan yang logis. Anggaran dari proposal kegiatan ini harus memiliki lampirkan secara terperinci dan sedetail mingkin. Rincikan semua keperluan yang akan Anda butuhkan dalam menggelar sebuah kegiatan. Sebaiknya, libatkan orang-orang yang berkompeten dalam membuat estimasi kebutuhan sebuah kkegiatan.


Nah teman-teman, itulah sedikit pembahasan mengenai beberapa poin penting yang ada dalam sebuah proposal kegiatan. Semoga ulasan sederhana bisa membantu kalian dalam membuat sebuah proposal kegiatan. Jika ada yang kurang tepat dan kurang benar, mohon berkenan untuk memberikan koreksi melalui kolom komentar yang ada di bawah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Proposal Kegiatan, Poin-poin Yang Harus Ada Pada Proposal Kegiatan

0 komentar:

Posting Komentar